Biaya Pembuatan Kolam Renang Umum 2020

By | 31 March, 2020

Biaya Pembuatan Kolam Renang – Kolam renang menjadi salah satu tempat hiburan yang digemari banyak orang, hampir semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa sangat menyukai air. Selain bermain, mereka bisa berolahraga air dengan budget yang cukup murah, kesehatan tubuh dan kebahagiaan batin terpenuhi dengan baik. Jika saat ini kamu tertarik membuat kolam renang umum, maka bisnis satu ini bisa menjadi ladang yang cukup menguntungkan.

Akan tetapi, sebelum memulai pembuatan kolam pastikan pahami terlebih dahulu biaya pembuatan kolam renang yang diperlukan. Pembuatan kolam renang harus mempertimbangkan berbagai hal, mulai dari lokasi penempatan. Apakah jauh dari jalan raya atau masuk gang sempit, dan pemilihan material yang digunakan harus dipertimbangkan secara matang.

Biaya Pembuatan Kolam Renang

Contohnya, pilihlah keramik standar seperti mozaik dengan ukuran kecil, warna yang polos dan tidak mencolok. Warna keramik yang biasa digunakan ialah biru muda dan putih, dengan begitu warna air terlihat lebih jernih. Dan menampilkan kesan yang nyaman bagi pengunjung. Pemasangan keramik juga membutuhkan ketelitian dan ketepatan, jika tidak hasilnya pasti kurang memuaskan.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah sistem pondasi, penampungan air, ketebalan dinding, pompa penyedot, dan kadar kaporit yang akan digunakan agar air tetap jernih.

Biaya Pembuatan Kolam Renang Umum Ukuran Minimalis

Biaya Pembuatan Kolam Renang Minimalis

Biaya di bawah ini adalah biaya pembuatan kolam renang umum, namun berbentuk simpel dan minimalis. Umumnya kolam renang umum memiliki beberapa kolam renang untuk menunjang pengunjung dalam jumlah besar. Biaya di bawah ini tinggal dikalikan dengan jumlah kolam yang akan dibuat.

  1. Biaya Rp 4.500.000 untuk keramik, konstruksi dan biaya tukang
  2. Rp 550.000 biaya peralatan sirkulasi air kolam
  3. Sediakan Rp 350.000, biaya ini digunakan untuk membeli alat penyedot dari bak penampungan limbahan ke bagian wadah penyaringan
  4. 250.000 alat membersihkan atau menyedot endapan yang ada di dasar kolam
  5. Rp 250.000 untuk biaya selang, pemipaan dan serokan
  6. 250.000 pembelian kaporit, terusi dan soda ash
  7. 250.000 untuk biaya sistem penerangan
  8. 550.000 untuk pengisian tangki

Sehingga total biaya yang harus disediakan Rp 6.950.000.

Baca juga: Harga Aspal Hotmix

Tips Pembuatan Kolam Renang Umum Minimalis

Agar kolam renang terwujud sesuai dengan apa yang diinginkan. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan, baik pra maupun pasca pembuatan kolam renang umum :

  • Lakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan pembuatan kolam renang, mulai dari mencari lokasi yang strategis, ukuran kolam paling tepat, dan jumlah kolam yang akan dibangun
  • Pilih bahan material yang berkualitas standar atau di atas standar
  • Rancang model kolam renang seperti apa yang akan dibuat, kedalaman yang akan dipilih dan fasilitas lain yang ada di sekitar kolam
  • Sediakan budget yang dibutuhkan, jangan sampai salah perhitungan
  • Jaga kebersihan kolam renang, point yang satu ini harus kamu perhatikan dengan benar agar pengunjung tidak kecewa dengan kebersihan kolam dan sekitarnya. Pastikan tidak ada daun maupun ranting yang jatuh di atas kolam

Demikian tips yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam renang. Untuk kolam renang umum dengan bentuk minimalis, bisa kamu temukan juga di hotel. Agar pengunjung lebih nyaman, tanami beberapa tumbuhan hijau di sekelilingnya. Jangan lupa juga sediakan tempat duduk di beberapa sisi kolam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *