Cara Menghitung Volume Cor Beton dengan Tepat

By | 15 April, 2020

Menghitung Kebutuhan Cor Beton – Pembuatan cor beton memang mudah ditemukan, namun prosesnya tidak semudah yang dibayangkan. Contohnya saja jalan-jalan yang sering kita temui, lantai atau atap-atap yang datar. Cor beton harus dibuat presisi untuk mendapatkan struktur yang kokoh dan ketahanan yang kuat.

Cor beton yang bagus akan terlihat dari hasil akhirnya yaitu berupa permukaan yang rata dan halus, serta tidak terlihat pori-pori yang terbuka. Syarat-syarat tersebut haruslah terpenuhi untuk mendapatkan coran beton yang kuat. Alasan inilah yang membuat banyak orang lebih suka menyerahkan pekerjaan cor beton kepada ahlinya ketimbang melakukannya sendiri.

Cara Menghitung Volume Cor Beton

Namun demikian, mengetahui rumus kubikasi cor beton tetap perlu Anda ketahui. Hal ini bertujuan agar Anda tahu berapa perkiraan biaya yang akan dikeluarkan.

Rumus Sederhana untuk Menghitung Cor Beton

Menghitung Cor Beton

Untuk mengetahui seberapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk cor beton, terlebih dahulu Anda perlu menghitung berapa volume adukan yang dibutuhkan. Adukan cor beton biasanya dihitung dalam satuan truk dengan kapasitas yang berbeda-beda. Mulai dari 3 m3, 5 m3 dan 7 m3 seseuai dengan kondisi jalur tujuan yang akan dilewati. Mengingat tidak semua daerah dapat dimasuki mobil-mobil besar.

Berikut ini telah kami berikan rumus kubikasi untuk menghitung cor beton yang mungkin Anda perlukan. Sebagai contoh kita tetapkan bahwa Anda akan membuat cor beton untuk lantai. Mengapa harus diperjelas cor beton untuk keperluan apa, sebab akan berbeda ketinggian corannya. Biasanya coran lantai akan membutuhkan ketinggian sampai 12 cm, sementara coran atap cukup sampai ketinggian 8 cm saja. Lebar dan panjang lantai yang akan Anda buat masing-masing 10 m dan 20 m.

Pertama, hitung volume beton dengan mengalikan panjang, lebar dan tinggi.

Volume Cor Beton Lantai = Panjang x Lebar x Tinggi

= 20 m x 10 m x 0,12 m = 24 m3

Kemudian hitung angka keamanan/safety factor. Hal ini ditujukan untuk menutupi kemungkinan kurangnya adukan sebab kebocoran dan tumpah.

Angka Keamanan = Volume Cor Beton x 2.5%

= 24 m3 x 2,5% = 0,6 m3

Sehingga volume cor keseluruhan adalah 24 m3 + 0,6 m3 = 24,6 m3. Bulatkan saja menjadi 25 m3. Jika Anda menggunakan ukuran truk berkapasitas 5 m3, maka adukan yang harus Anda pesan adalah 25 m3 : 5 m3 = 5. Artinya Anda perlu memesan 5 truk adukan beton. Setelah itu Anda kalikan dengan biaya adukan beton perkapasitas truk.

Tips Pintar dalam Membuat Coran Beton

Di samping menggunakan rumus kubikasi beton untuk perkiraan biaya, ada beberapa hal lagi yang perlu Anda ketahui dalam membuat coran beton. Anda juga perlu menghitung jumlah tulangan yang dibutuhkan. Menggunakan terlalu banyak besi sangat tidak disarankan. Sebab dapat memberikan bobot tambahan pada struktur bangunan.

Baca juga: Biaya Cor DakĀ 

Kualitas coran beton pun perlu Anda perhatikan. Terutama jika Anda akan menempatkan banyak barang dengan beban yang berat di atasnya. Adukan pun harus dipastikan merata untuk menghindari keropos struktur dan mendapatkan ketahanan yang bagus. Serta untuk menghindari pengerasan cor beton Anda bisa siramkan air atau meletakkan kain basah di atas permukaan yang lain. Sebab jika coran beton sudah mengeras akan sulit untuk diperbaiki.

Itulah rumus kubikasi beton dan beberapa tips yang dapat Anda ikuti. Semoga dapat bermanfaat untuk memperkirakan kebutuhan dan biaya yang akan Anda keluarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *