Berbagai Jenis Semen Portland

By | 1 April, 2020

Semen adalah bagian material dari bangunan yang sudah hampir dipastikan diketahui oleh semua orang. Semen merupakan material yang digunakan untuk merekatkan berbagai material bangunan lain, seperti batu bata. Salah satu jenis semen yang ada di Indonesia adalah semen portland.

Jenis Semen Portland

Semen portland adalah semen yang sering digunakan pada campuran beton, adukan encer, bahan penambal, plester dinding dan lain sebagainya. Karakteristik yang dimiliki semen yang satu ini adalah dapat mengeras ketika terkena air. Selain itu juga bisa berubah menjadi benda padat yang tidak akan larut bila diletakan dalam air.

5 Jenis Semen Portland

Semen Portland

Perubahan komposisi bahan kimia pada semen yang dilakukan dengan cara mengubah persentasi sebanyak 4 komponen utama, maka akan menghasilkan beberapa jenis semen. Jenis-jenis tersebut disesuaikan dengan kebutuhan.

Semen portland di Indonesia terbagi menjadi 5. Masing-masing jenis memiliki perbedaan dalam penggunaanya. Dan berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

1. Jenis I

Jenis yang pertama ini adalah semen portland yang dalam penggunaanya tidak memerlukan berbagai persyaratan khusus seperti yang ada pada jenis lainnya. Semen jenis I dipergunakan untuk pembuatan bangunan dan juga beton.

2. Jenis II

Semen jenis II ini mempunyai ketahanan yang cukup baik terhadap berbagai garam sulfat di dalam air. Semen portland jenis II dalam penggunaannya membutuhkan ketahanan terhadap panas hidrasi sedang dan juga sulfat. Semen ini diterpkan pada bangunan maupun beton yang berhubungan dengan air kotor dan air dalam tanah.

Baca juga: Harga 1 Mobil Molen Holcim

3. Jenis III

Jenis semen yang ketiga ini memiliki kekuatan maksimal pada umur muda, dan juga cepat mengeras. Semen jenis III pada penggunaannya mengharuskan untuk persyaratan kekuatan awal yang maksimal setelah terjadi pengikatan. Jenis semen III umumnya digunakan pada bangunan yang terletak atau didaerah yang memiliki suhu rendah atau dingin.

4. Jenis IV

Jenis IV merupakan semen portland dengan panas hidrasi yang rendah. Dalam pengerasan dan perkembangannya, semen yang satu ini terbilang lambat. Semen jenis IV bila ingin digunakan menuntut persyaratan hidrasi panas yang rendah. Semen tersebut dipergunakan pada pembuatan beton atau bangunan besar yang memiliki ketebalan lebih dari 2 meter.

Baca juga: Harga Bahan Bangunan

5. Jenis V

Jenis semen yang terakhir ini menuntunt persyaratan dalam penggunaanya yaitu sangat tahan terhadap sulfat. Semen yang satu ini digunakan pada berbagai bangunan yang berhubungan dengan air limbah, air laut, bangunan yang sering terkena bahan kimia serta bangunan bawah tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *