CEK HARGA MATERIAL Baja Ringan Dan Plafon Pvc

Beranda » Uncategorized » Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring
click image to preview activate zoom

Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring

Stok Tersedia
Kategori Uncategorized
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring

Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring – Atap dengan rangka Baja Ringan kini banyak digunakan untuk konstruksi bangunan seperti rumah tinggal. Di Indonesia sendiri, ada dua model rangka baja ringan yang paling umum digunakan pada rumah tinggal, yaitu model rangka miring dan model datar. Jika dibandingkan dengan atap datar, memasang rangka atap baja ringan dengan posisi miring memiliki kelebihan.

Pemilihan desain dan model atap yang tepat menjadi penting terutama di zaman modern sekarang ini. Oleh karena itu, eksterior rumah ini penting untuk diperhatikan dalam pemilihan modelnya. Ada beberapa model atap yang sering digunakan dalam membangun rumah. Terutama model atap yang cocok untuk tipe rumah minimalis.

Salah satu yang paling menonjol adalah atap miring memiliki keunggulan untuk mengalirkan air hujan lebih cepat dan efektif yang kemudian dapat memperpanjang umur atap. Untuk mendapatkan keunggulan tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara memasang atap miring baja ringan.

Seperti yang Anda ketahui bahwa atap miring memiliki 2 sudut yang akan bertemu di tengah, yang disebut atap bernada. Sedangkan atap miring tunggal dikenal sebagai atap silikon. Selain itu, atap baja ringan dikenal ideal untuk bangunan komersial dan industri, karena dapat melindungi bangunan dari unsur alam. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat cara memasangnya di bawah ini.

Cara Memasang Atap Miring Baja Ringan

Memang benar proses pemasangan rangka atap miring bisa dilakukan tanpa reng atau rangka baja ringan. Namun, kemungkinan runtuhnya konstruksi biasanya cukup tinggi karena daya tahan dan kekuatannya yang rendah.

Oleh karena itu, pastikan semua persyaratan komponen dalam proses pemasangan baja ringan pada model atap miring telah terpenuhi. Agar lebih jelas, berikut tata cara atau tata cara pemasangan atap miring baja ringan, baik itu pada bangunan gedung maupun pada rumah tinggal.

Cara pertama memasang atap miring baja ringan adalah dengan memastikan permukaan atas ring balok miring dan rata terlebih dahulu. Kemudian pastikan kembali posisi kuda-kuda tidak terbalik kiri dan kanan. Perlu diingat, baut pada bagian tepi dengan batang yang disambung harus memiliki jarak minimal 2 kali diameter baut. Sedangkan jarak antar baut sebaiknya dibuat minimal 3 kali diameter baut.

Cara pemasangan atap miring baja ringan selanjutnya adalah dengan memastikan posisi pahat tegak lurus bidang dan menggunakan pahat pada kecepatan 200 rpm – 250 rpm. Kemudian setelah baut terpasang penuh atau kencang, segera hentikan alat. Tata cara pemasangan baut pada tepi-tepi rangka baja ringan pada atap miring diusahakan berada pada posisi simetris dan membagi sama rata pada sudut-sudut pertemuan antara batang dan baut tidak boleh dipasang pada titik pusat gravitasi batang.

Setelah proses pemasangan baut selesai, langkah selanjutnya adalah memasang balok atap. Untuk penguatan, harap pasang bracing atau pengencang di atas akord atas dan di bawah reng. Mohon diperhatikan jenis penutup atap yang digunakan untuk mengatur jarak pemasangan reng (roof reng). Cara terakhir tinggal memasang material atap sesuai keinginan Anda.

Kelebihan Desain Rumah Atap Miring

Baja ringan mudah digunakan, terutama bagi Anda yang ingin memiliki rumah modern. Rangka atap baja ringan lebih fleksibel dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan menggunakan jenis rangka atap lainnya.

Selain itu, rangka atap baja ringan miring ini memiliki keunggulan lebih dibandingkan atap datar. Untuk cara memasang atap miring baja ringan ini, diperlukan beberapa cara khusus agar baja tetap stabil dan mampu menopang beban atap. Berikut ini akan dibahas keunggulan baja ringan untuk atap miring.

Model Fleksibel

Perlu diketahui, pemasangan rangka atap tentunya akan bergantung pada desain bangunan atau desain rumah. Dalam hal ini, rangka atap miring memiliki 2 model yaitu atap miring yang memiliki 2 sudut pertemuan di tengahnya (atap berpita) dan model rangka atap miring tunggal.

Umumnya bangunan komersial dan industri lebih memilih menggunakan model rangka atap bernada karena mampu melindungi bangunan dari unsur alam dan memungkinkan air mengalir dari permukaan atap. Sedangkan rangka atap single sloping sering diaplikasikan pada bangunan rumah dengan desain minimalis modern.

Memiliki Nilai Estetika Tinggi

Selain estetika, pemilihan model atap sebenarnya juga harus memperhatikan karakter bangunan dari segi fungsinya. Karena Indonesia beriklim tropis, maka desain atap miring menjadi solusi yang paling tepat. Hal ini dikarenakan atap miring memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap sinar matahari.

Tahan terhadap Tetesan Hujan

Keuntungan terakhir dari desain rumah baja ringan atap miring adalah dapat mencegah air hujan keluar. Dalam hal ini, kemiringan atap akan mencegah air hujan masuk ke dalam rumah secara langsung. Nah, agar bangunan lebih aman dari genangan air akibat hujan, maka Anda juga bisa menambahkan kanopi baja ringan dengan atap miring.

Demikian ulasan tentang, Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring. semoga bermanfaat.

Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring

Embed HTML not available.
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 136 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Tutup Sidebar
Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dian Nahari
● online
Dian Nahari
● online
Halo, perkenalkan saya Dian Nahari
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja