Cara Menghitung Biaya Cor Jalan Terbaru Bulan April 2020

By | 2 April, 2020

Cara Menghitung Biaya Cor Jalan – Penggunaan beton untuk membuat jalanan memang saat ini sudah umum digunakan, seperti cor jalan perumahan, jalan pedesaan, dan berbagai jalan lainnya. Namun perlu untuk diketahui bahwa sebelum menggunakan cor beton pada jalan maka harus tahu juga tentang bahan yang digunakan, daftar harga cor, dan cara hitung biayanya.  Untuk itu simaklah informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara Hitung Biaya Cor Jalan

Bahan Material untuk Kebutuhan Cor Jalan

Sebelum mengetahui biaya yang harus dikeluarkan dalam melakukan pengecoran jalan, tentu Anda juga perlu tahu apa saja bahan materialnya. Berikut adalah informasinya.

  1. Besi Wiremesh

Besi Wiremesh

Wiremesh merupakan rangkaian besi yang terdiri dari kolom kawat dan baris pararel yang saling berpotongan. Untuk menyatukan berbagai  wire atau kabel yang terpotong tersebut maka dilakukan pengelasan.

Besi yang digunakan dalam pengecoran adalah besi wiremesh yang bwp. Dengan menggunakan jenis besi tersebut maka hasil dari pengecoran akan kuat serta tahan lama.

  1. Beton Ready Mix

Beton Ready Mix

Beton yang cocok digunakan dalam pengecoran jalan adalah Beton Ready Mix. Alasan jenis beton itu tepat digunakan karena memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki pada adukan beton manual. Beberapa kelebihan tersebut seperti,  proses pengerjaan lebih cepat, mutu dan juga kualitas beton lebih baik.

 

Daftar Harga Cor Beton Jalan Per M3 Bulan April 2020

Berikut ini adalah tabel daftar harga untuk cor beton jalan per m3 bulan April 2020.

No Mutu/Klas Harga FA Harga NFA
1 Cor Jalan Beton K 250 IDR 824.500 IDR 849.500
2 Cor Jalan Beton K 275 IDR 849.500 IDR 874.500
3 Cor Jalan Beton K 300 IDR 869.500 IDR 894.500
4 Cor Jalan Beton K 325 IDR 884.500 IDR 914.500
5 Cor Jalan Beton K 350 IDR 899.500 IDR 924.500

 

Keterangan :

  • Harga FA merupakan harga untuk beton Cor FLY ASH
  • Harga NFA merupakan harga untuk Cor NON FLY ASH
  • Harga yang berada di atas sudah termasuk PPn sebesar 10%
  • Pihak pemesan bertanggung jawab terhadap adanya jalan yang sesuai, kondisi keamanan lokasi pengecoran (masyarakat dan polisi), serta tempat yang akan dilakukan pengecoran dapat dilewati oleh truk mixer
  • Harga yang diberikan di atas merupakan harga dengan minimum pemesanan mobil besar 6 m3 (6 kubik). Bila pemesanan di bawah minimum maka akan dikenakan mobilisasi
  • Untuk minimum pemesanan mobil minimix (kecil) adalah 3 m3 (3 kubik)
  • Pembayaran wajib dilakukan sebelum dilakukan pengecoran

 

Baca juga: Jenis Semen Portland

 

Cara Hitung Volume Kubikasi Pada Cor Jalan

Cara Hitung Volume Kubikasi Pada Cor Jalan

Selain mengetahui jenis material yang digunakan dan harga pengecoran itu sendiri, tentu perlu tahu juga cara hitung volume kubikasinya secara akurat. Berikut informasi lengkapnnya untuk Anda.

Rumus Volume Kubikasi  Pada Cor Jalan :

Panjang x Lebar x Ketebalan/Tinggi

 

Untuk membuat Anda semakin mengerti, ini adalah contoh yang akan kami berikan dalam menerapkan rumus di atas :

Jalanan yang akan di cor adalah 600 meter dan lebarnya 4 meter, serta ketebalan atau tinggi 30 cm. Maka dapt diketahui beton yang dibutuhkan untuk jalanan tersebut yaitu : 600 x 4 x 0,30 = 720 m3/kubik.

Bila Anda masih ragu untuk memperoleh perhitungan cor jalan yang lebih tepat, maka silahkan hubungi pihak tempat pengecoran yang akan Anda gunakan.  Semoga berbagai informasi yang telah kami berikan tadi bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *