CEK HARGA MATERIAL Baja Ringan Dan Plafon Pvc

Beranda » Blog » 6 kelebihan kekurangan atap baja ringan untuk rumah kekinian

6 kelebihan kekurangan atap baja ringan untuk rumah kekinian

Diposting pada 3 November 2022 oleh admin / Dilihat: 70 kali

Atap baja ringan , bisa dibilang lebih banyak dipilih sebagai material pembangunan rumah kekinian. Sebab, baja ringan dipercaya lebih menguntungkan dari beberapa aspek dibandingkan dengan rangka atap kayu.

Tapi bukan berarti atap baja ringan tidak memiliki kekurangan.

Jika kamu salah satu yang ingin membangun rumah dengan baja ringan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Dengan begitu, Anda bisa memahami konstruksi rumah Anda lebih dalam lagi.

Yuk, simak bersama-sama 6 kelebihan dan kekurangan dari baja ringan berikut ini!

6 keunggulan atap baja dibandingkan jenis atap lainnya

Jika dibandingkan dengan atap-atap rumah dari material lainnya, keunggulan atap baja ringan bisa dibilang cukup banyak.

Keunggulan utamanya antara lain sebagai berikut:

1. Anti karat dan anti rayap

Baja ringan memiliki sifat yang anti rayap, berbeda dengan atap kayu. Tak hanya itu, baja ringan juga terbuat dari bahan logam yang anti karat. Dengan begitu, perawatannya menjadi lebih mudah.

2. Lebih murah dibandingkan kayu

Lantaran semakin langka, harga kayu mengalami fluktuasi tajam. Sedangkan baja ringan masih mudah dicari, sehingga harganya pun tak mengalami fluktuasi. Kalau dibandingkan dengan atap kayu, baja ringan tentunya punya harga yang lebih murah.

3. Proses pemasangan mudah dan murah

Begitu juga dari segi pemasangan, rangka baja ringan lebih mudah proses pemasangannya. Kemudahan ini berdampak pada kecepatan waktu dan biaya pengerjaan. Lantaran mudah, proses pengerjaan pun bisa selesai dalam waktu singkat. Biayanya pun otomatis akan semakin murah.

4.Memiliki sifat yang lentur

Selain material kayu, baja ringan juga kerap dibandingkan dengan baja konvensional. Dalam hal kelent, baja ringan jauh lebih fleksibel daripada baja konvensional. koneksi tarik baja ringan cukup tinggi, yaitu 550 Mpa, sedangkan baja konvensional hanya 300 Mpa. Karena sifat lenturnya, baja ringan dapat menyerap energi dalam jumlah yang lebih besar.

5. Daya tahan jangka panjang

Baja ringan punya kualitas daya tahan yang sangat baik karena tak mudah lapuk ataupun mengalami. Ditambah lagi, meski lebih fleksibel dari baja konvensional, baja ringan tetap kokoh untuk menahan stabilitas bangunan dibandingkan dengan kayu.

6. Bahan ramah lingkungan karena bisa didaur ulang

Jika suatu saat nanti kamu mau membongkar rangka atap baja ringan , jangan langsung menimbunnya. Material baja masih bisa dimanfaatkan untuk membuat konstruksi bangunan lagi. Lantaran karakteristinya yang bisa didaur ulang, penggunaan rangka baja ringan kerap digaungkan oleh program pemerintahan. Dalam upaya merawat lingkungan, material kayu sebaiknya diganti dengan baja ringan karena karakteristik tersebut.

6 kelemahan atap baja ringan jika diaplikasikan pada hunian

Meski banyak keunggulannya, tetap ada kekurangan atap baja ringan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis atap ini, sebaiknya pertimbangkan juga kelemahan-kelemahan yang berikut ini:

1. Kurang fleksibel untuk profil rumah tertentu

Dibandingkan dengan kayu, tingkat kelenturan baja ringan memang lebih rendah. Kayu memiliki tingkat kelenturan yang tinggi sehingga dapat dibentuk sedemikian rupa untuk menyesuaikan keinginan penggunanya. Hal ini akan sulit diimplementasikan pada rumah dengan rangka atap baja ringan. Ada beberapa profil rumah yang sulit untuk dibentuk dengan baja ringan.

2. Mudah dibawa angin

Biasanya, setiap bagian baja ringan akan disambungkan dengan menggunakan baut. Inilah yang menjadi kelemahan baja ringan. Ketika ada angin kencang, sambungan tersebut bisa berisiko terlepas dan terbawa angin. Untuk itu, baja ringan kurang cocok digunakan sebagai konstruksi rumah yang berlokasi di daerah banyak angin.

3. Nilai berkurang 

Estetika baja ringan akan sangat menarik pada penutupnya. Jika penutup atap berbobot berat, maka kerapatan konstruksi atap akan semakin rapat. Hal ini membuat estetika bangunan berkurang.

4. Proses pembuatannya tidak ramah lingkungan

Jika dilihat dari segi berkelanjutan, baja ringan bisa menjadi lingkungan. Berbeda dengan kayu yang cenderung lebih ramah lingkungan karena terbuat dari bahan organik.

5. Bisa berakibat fatal jika salah hitung

Material baja ringan memiliki struktur jaringan, sehingga semuanya harus dihitung dengan matang. Jika terjadi salah perhitungan, bisa-bisa atap yang telah dibangun tidak memenuhi syarat keamanan. Akhirnya mau tak mau semua harus diulang dari awal.

6. Rentan terkena hempasan angin

Memang, baja ringan cenderung lebih awet dan tahan lama dibandingkan bahan atap yang lainnya. Namun perlu diketahui juga bahwa proses pemasangan pada sambungan kerangka atap baja ringan hanya menggunakan baut. Untuk itu, jika kamu bermukim di daerah yang sering terdapat angin kencang, hindari menggunakan atap jenis ini. Pahami dulu kelebihan dan kekurangan di atas sebelum memutuskan untuk memakai atap baja ringan

Itu dia kelebihan dan kekurangan dari atap baja ringan. Sebelum memutuskan pilihan, sebaiknya pertimbangkan dahulu setiap plus minus yang dimiliki. Perhitungkan juga harga atap baja ringan yang tentunya akan mempengaruhi bujetmu. Lantaran karakteristinya yang bisa didaur ulang, penggunaan rangka baja ringan kerap digaungkan oleh program pemerintahan.

Dalam upaya merawat lingkungan, material kayu sebaiknya diganti dengan baja ringan karena karakteristik tersebut. Sebelum memutuskan pilihan, sebaiknya pertimbangkan dahulu setiap plus minus yang dimiliki. Perhitungkan juga harga atap baja ringan yang tentunya akan mempengaruhi bujetmu.

Bagikan ke

6 kelebihan kekurangan atap baja ringan untuk rumah kekinian

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

6 kelebihan kekurangan atap baja ringan untuk rumah kekinian

Tutup Sidebar
Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dian Nahari
● online
Dian Nahari
● online
Halo, perkenalkan saya Dian Nahari
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja